-->
pasang

Rupiah ditutup menguat di level Rp 13.156 per USD



Gemariau.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Senin (5/9). Rupiah ditutup di level RP 13.156 atau menguat dibanding penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 13.247 per USD.
Mengutip data Bloomberg, Rupiah bergerak menguat sepanjang perdagangan. Nilai tukar sempat menyentuh level Rp 13.136 per USD yaitu pukul 13.45 WIB.
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, menguatnya nilai tukar Rupiah disebabkan tingginya aliran dana yang masuk ke dalam negeri semenjak ada kebijakan pengampunan pajak atau Tax Amnesty.
"Pengampunan pajak tidak hanya membawa likuiditas untuk belanja modal, tapi juga membawa likuiditas dari luar yang akan mendorong penguatan Rupiah," katanya di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Senin (5/9).
Perry optimis dana dari luar negeri akan masuk lebih banyak ke Indonesia. "Tahun ini saja sudah sekitar Rp 160 triliun. Ini sudah masuk ke portofolio asing membeli SBN (Surat Berharga Negara) atau saham,"jelasnya.
Selain itu, penguatan nilai tukar Rupiah juga didorong meningkatnya kepercayaan investor terhadap ekonomi Indonesia yang semakin membaik.
"Di negara-negara kawasan Asia lainnya, negara yang memiliki prospek pemulihan ekonomi yang baik hanya India dan Indonesia," tutupnya.(al/viva)

0 Response to "Rupiah ditutup menguat di level Rp 13.156 per USD"

Posting Komentar