-->
pasang

Hadapi Bencana Asap, BPBD Rohul Siapkan Posko Induk

Gemariau.com, Pasirpengaraian - Menghadapi musim kemarau, diprediksi BMKG mulai Agustus 2016, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) membangun Posko Induk di depan kantornya di komplek Bina Praja Pasirpangaraian.

Kepala Pelaksana BPBD Rohul, Aceng Herdiana ST,MM, Rabu (11/5/16), mengatakan dari informasi BMKG Pekanbaru, pada Agustus akan datang, Provinsi Riau akan memasuki musim kemarau panjang.

"Menghadapi musim kemarau ini kita siapkan Posko Induk untuk mengantisipasi bencana asap," ujar Aceng ditemui di kantornya.

Ia menambahkan, Posko Induk dibangun sesuai intruksi Pangdam Bukit Barisan, saat kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu, membahas pencegahan dan penanggulangan bncana asap, dampak aksi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Aceng mengakui 8 dari 16 kecamatan di Kabupaten Rohul masuk dalam kriteria daerah rawan Karlahut. Seluruh elemen diminta ikut mengantisipasi Karlahut, seperti mengajak masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Diakuinya, saat ini Kabupaten Rohul sedang dalam status siaga. Tim Satgas Karlahut di-standby-kan 24 jam, dan akan bertindak apabila ada terjadi Karlahut di wilayah kerjanya.

Selain TNI dan Polri, serta instansi terkait, Hulubalang Rohul juga ikut aktif dalam membantu mensosialisasikan bahaya Karlahut dan penanggulangan asap ke masyarakat.

"Kita sangat bangga. Sebagai anak jati Rokan Hulu, Hulubalang ikut aktif membantu kita (BPBD Rohul) dalam penanggulangan bencana asap," pungkas Aceng Herdiana. (iw)

0 Response to "Hadapi Bencana Asap, BPBD Rohul Siapkan Posko Induk"

Posting Komentar