-->
pasang

Stres Bisa Jadi Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda


Gemariau.com - Saat Anda melihat seuntai rambut yang ada berwarna keperakan, pasti Anda langsung panik. Terlebih, apalagi Anda merasa belum waktunya untuk mengalami uban.


Warna rambut tersebut sendiri dipengaruh oleh adanya melanin, di mana melanin ini adalah pigmen yang sama untuk menentukan warna kulit serta warna mata Anda. Dengan berjalannya usia, rambut Anda akan menjadi kehilangan melanin, seperti menurut American Academy of Dermatology. Akhirnya, rambut akan berubah menjadi berwarna abu-abu perak, atau putih, ujar Angela Lamb, M.D, seorang dokter kulit di The Mount Sinai Hospital.

Stres mampu mempercepat kondisi ini. Stres juga diketahui bisa memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Ada suatu penelitian yang menunjukkan jika stres bisa benar-benar mengubah warna rambut Anda. Tentu saja, hal ini tidak hanya terjadi dalam semalam. Perubahan warna rambut sejatinya merupakan proses bertahap.

Jennifer Lin, yang merupakan seorang dokter kulit yang telah melakukan penelitian biologi molekuler di Dana-Farber, Harvard Cancer Center, yang ada di Boston menjelaskan jika “Ada bukti jika ekspresi lokal dari hormon stres memediasi sinyal yang menginstruksikan melanosir guna mengantar melanin ke keratinosit. Apabila sinyal yang terganggu, maka melanin tak akan bisa memberi pigmen yang ada di rambut Anda.”

Dalam sebagian besar kasus, dari penyebab uban dini merupakan dari faktor genetik. Akan tetapi, beberapa faktor-faktor yang lainnya juga memiliki peran yang sama. Misal, dengan merokok serta gaya hidup yang penuh dengan adanya tekanan.

“Genetika memainkan peranan terbesar serta berubahnya warna rambut Anda di usia yang masih dini.” ujar Lamb. Bahkan, dari para ilmuwan itu sendiri telah melakukan identifikasi gen yang bertanggung jawab guna munculnya rambut yang berwarna abu-abu di kepala Anda, yaitu IRF4. Mungkin, di suatu hari, gen ini juga akan memiliki peranan kunci dalam mencegahnya.

“Dengan merokok dan stres tentu bisa berdampak pada rambut tapi sejauh dari pengaruhnya, kamu juga belum tahu.” tambah Lamb.

Jadi, bagaimana solusi sehingga tidak tumbuh uban dini yang ada di kepala? Anda tak bisa mengendalikan faktor genetik warisan dari orang tua Anda kepada Anda. Ada orang yang karena faktor ini, sudah beruba semenjak usianya belum menginjak 30 tahun. Ada juga orang yang baru saja beruban setelah usianya itu benar-benar senior.

Yang Anda bisa lakukan kini ialah mengendalikan gaya hidup Anda, yakni dengan menjauhi rokok serta mengelola stres dengan baik sehingga hal itu tidak mempengaruhi melanin.

Sehingga nantinya tak akan ditemukan rambut perak yang ada diantara helai-helai rambut hitam Anda sebelum waktunya akan tiba.

0 Response to "Stres Bisa Jadi Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda"

Posting Komentar