-->
pasang

Jokowi ke Natuna, Kirim Pesan Khusus Untuk China


Gemariau.com - Kunjungan Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk Natuna di Provinsi Kepulauan Riau pada hari Kamis akan mengirimkan pesan yang jelas bahwa Indonesia adalah “sangat serius dalam upayanya untuk melindungi kedaulatannya”, Menteri Koordinator Politik, Keamanan Hukum dan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada hari Rabu.


Jokowi akan memimpin rapat kabinet terbatas untuk membahas pembangunan di Kepulauan Natuna di papan kapal perang berlayar di sekitar perairan Natuna, Kamis.

“Dalam kursus kami sejarah, kita tidak pernah tegas ini [ke Cina]. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Presiden tidak mengambil masalah ini ringan, “kata Luhut kepada The Jakarta Post pada Rabu malam.

Dari ribuan pulau yang membentuk kepulauan Indonesia, Kepulauan Natuna dan perairan sekitarnya yang paling dekat dengan Line Nine-Dash, demarkasi yang digunakan oleh Cina sebagai dasar dari klaim sepihak untuk mayoritas kaya sumber daya Cina Selatan Laut.

Berbeda dengan Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei, Indonesia bukanlah penuntut dalam sengketa, namun sekitar 83.000 meter persegi zona ekonomi eksklusif Indonesia (ZEE) di Natuna termasuk dalam wilayah yang dibatasi oleh Line Nine-Dash.

Hal ini atas dasar ini bahwa China penjaga pantai dan memancing armada sering beroperasi di sana, mengklaim perairan untuk membentuk bagian dari negara “alasan nelayan tradisional”.

“Kami telah menyampaikan posisi kami ke Beijing, tapi kami ingin memperkuat lagi di Natuna; kita menolak untuk mengakui Line Nine-Dash dan klaim lahan perikanan tradisional. Kami juga tidak ingin ada proyeksi kekuatan [oleh negara-negara besar di kawasan itu], dan kami ingin memastikan kebebasan navigasi, “tambah Luhut.

Kunjungan itu terjadi setelah protes Beijing ke Jakarta pada penahanan warganya ditangkap nelayan oleh Angkatan Laut di perairan Indonesia pekan lalu.

0 Response to "Jokowi ke Natuna, Kirim Pesan Khusus Untuk China"

Posting Komentar