-->
pasang

Kunkerta Mahasiswa Unri Beri Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat di SDN 003 Baganbatu

Ilustrasi
Gemariau.com,Bagan Batu-Mahasiswa Unri yang melaksanakan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) di kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) beri penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta aksi peduli lingkungan sekolah dan pemberian motivasi belajar murid di Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Bagan Batu, jumat (11/8).
Pantauan wartawan pada kegiatan tersebut, sejak pukul 07.00 wib tampak belasan mahasiswa dan mahasiswi yang sedang melaksanakan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) itu menyambut murid SD yang baru tiba di sekolah. Hingga bel berbunyi dan para murid berbaris dilapangan, ke 12 mahasiswa itupun memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangannya ke SDN 003 tersebut.
Materi pola hidup bersih dan sehat yang disampaikan koordinator kelompok mahasiswa, Lukman, adalah seperti mencuci tangan sebelum makan, tidak jajan sembarangan, buang air pada tempatnya (wc/toilet, red), serta menyikat gigi 2 kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur dan lain sebagainya.
Setelah itu dilanjutkan dengan aksi peduli lingkungan sekolah yang langsung diperagakan para murid seperti mengutip sampah di halaman sekolah dan di dalam ruangan kelas. Untuk menyemangati para murid, mahasiswa Kukerta juga memberi kado sebagai hadiah kepada kelas yang paling banyak mengumpulkan sampah.
Selanjutnya, para mahasiswa memberi motivasi belajar kepada kelas 6 guna mendorong semangat belajar untuk bisa mencapai apa yang dicita-citakan dan mempersiapkan diri untuk pendidikan ke jenjang selanjutnya. Setelah itu, langsung praktek mencuci tangan yang benar dan menyikat gigi bersama murid kelas 2.
Koordinator kelompok Mahasiswa Unri di kelurahan Bagan Batu Kota, Lukman kepada wartawan mengaku senang karena disambut baik pihak sekolah dan murid-murid juga sangat antusias mengikuti arahan yang mereka berikan dan contohkan.
"Bahkan, diakhir kegiatan, banyak murid yang meminta tanda tangan dan nomor HP kami," ujar Lukman disambut tawa mahasiswa lainnya.
Kegiatan tersebut membuat kesan tersendiri bagi Lukman dan kawan-kawan. Ia juga berharap agar apa yang disampaikan dan memberikan contoh, bisa bermanfaat bagi murid-murid dan pihak sekolah tentunya. "Ya, semoga bisa bermanfaat buat adik-adik dan pihak SDN 003 untuk kedepannya," harap Lukman dan kawan-kawan.(Zul)





0 Response to "Kunkerta Mahasiswa Unri Beri Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat di SDN 003 Baganbatu"

Posting Komentar