-->
pasang

Toli toli diguncang Gempa 4,1 SR

Gemariau.com - Gempa dengan kekuatan 6,5 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Gempa dahsyat itu berada di kedalaman 33 kilometer (km) dari permukaan laut.

Dari situs resmi Badan Meteorologi dan Geofisika, gempa terjadi pukul 11.54 WIB, di 96 km arah barat daya Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Senin, 20 Oktober 2008. 

"Getarannya cukup keras sehingga banyak warga bergegas keluar rumah dan kantor," kata Salman Supari, seorang pegawai kantor pemerintah di Tolitoli. menurut Salman guncangan gempa tidak lama dan setelah itu warga kembali masuk rumah dan kantor, melanjutkan aktivitas seperti biasa. Hal senada juga disampaikan Etha, seorang warga di Kelurahan Panasakan, Tolitoli.

Etha membenarkan adanya gempa saat masyarakat sedang sibuk dengan berbagai aktivitasnya. Gempa juga sempat membuat sebagian warga harus keluar rumah dan gedung kantor, guna menghindari insiden seperti tembok runtuh dan roboh.

Hingga kini, belum diketahui adanya dampak kerusakan akibat gempa bumi melanda daerah penghasil cengkih terbesar di Provinsi Sulteng itu.

"Begitu pula korban jiwa tidak ada," kata Etha.

Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara Palu, Kasiron, saat dihubungi, membenarkan gempa bumi terjadi di Kabupaten Tolitoli.

Menurut dia, pusat gempa berada pada koordinat 0,98 derajat lintang utara (LU), 120,98 derajat bujur timur (BT), atau sekitar 27 kilometer arah Timur Laut Kota Tolitoli. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan dirasakan di Tolitoli III MM. Sejauh ini, kata Kasiron, belum ada informasi soal dampak dari gempa mengguncang Kabupaten Tolitoli.

Gempa terdeteksi pada koordinat 0.20 Lintang Utara dan 120.64 Bujur Timur. Hingga kini, belum ada laporan mengenai adanya korban luka dan korban jiwa.

0 Response to "Toli toli diguncang Gempa 4,1 SR"

Posting Komentar