-->
pasang

Fenomena Palu Arit Ini Penjelasannya

Palu Dan Arit
Gemariau.com - Belakangan ini, ada penampakan yang cukup menggemparkan. Pada awal tahun, Putri Indonesia, Anindya Kusuma Putri, dilaporkan ke polisi oleh FPI Solo setelah ia mengunggah foto dirinya yang sedang mengenakan kaos bergambar simbol “palu arit”, saat ia mengunjungi Vietnam. FPI menuduh Anindya menyebarkan gagasan-gagasan komunis. Seorang pengacara FPI, Pongky Yoga Wiguna, menyatakan bahwa “Salah satu alasan mengapa hal ini melanggar hukum adalah karena kaum komunis tidak mengakui Tuhan.”

Bulan lalu, sepanjang perayaaan 70 tahun Kemerdekaan Indonesia di Pamekasan, Jawa Timur, simbol palu-arit juga muncul bersamaan dengan poster beberapa tokoh PKI seperti Aidit dan Untung. Meskipun semua gambar-gambar ini muncul di dalam pertunjukan teater yang bertujuan memperagakan kekejaman PKI terhadap militer pada tahun 1965, simbol “palu-arit” menurut beberapa media, masih memunculkan ketakutan masyarakat dan sekali lagi dianggap sebagai anti-agama.

Lambang palu dan sabit yang menjadi simbol dari komunis memiliki sejarah yang tidak ada hubungannya dengan komunisme. Simbol palu mewakili para buruh dan sabit mewakiti para petani. Setelah revolusi industri di Eropa, kaum buruh dan petani semakin terpinggirkan dan tertindas. Simbol palu dan sabit yang menyilang muncul sebagai bentuk pengkomunikasian bersatunya kaum buruh dan petani dalam revolusi Bolshevik tahun 1917 di Rusia. Di tahun-tahun berikutnya, lambang palu dan sabit menjadi simbol pemberontakan, bahkan sampai sekarang.

Revolusi para pekerja yang tergolong kalangan bawah tersebut mengundang perhatian dunia. Mereka yang menyepelekan kaum pekerja tidak mengira akan kekuatan yang dimiliki oleh persatuan kaum buruh dan petani. Pihak komunis-sosialis, yang sebelumnya menggunakan bendera merah atau sering dikenal dengan tentara merah, memanfaatkan simbol pekerja tersebut sebagai lambang bendera partai komunis. Tahun 1922 penggunaan lambang palu dan sabit menyilang dengan latar belakang merah diresmikan menjadi bendera komunis di seluruh dunia.

Simbol merupakan kode untuk berkomunikasi atau pertukaran informasi dalam interaksi sosial. Dari uraian diatas, simbol muncul dalam bentuk lambang palu dan sabit, berupa artefak bendera, atribut, dan lainnya. Peran Artefak dalam Pertukaran Informasi yaitu:
-Sebagai simbol wilayah kekuasaan & sosial
-Sebagai simbol penguat kesatuan etnik
-Sebagai simbol pemeliharaan dan penguatan jaringan pencarian pasangan hidup
-Sebagai simbol penguatan hubungan antar masyarakat
-Sebagai simbol kedudukan struktural

0 Response to "Fenomena Palu Arit Ini Penjelasannya"

Posting Komentar