-->
pasang

Harga Emas Jatuh dari Level Tertinggi


Gemariau.com - Harga emas terjatuh dari level tertinggi sejak Maret 2014 atau posisi tertinggi baru sepanjang tahun ini. 

Pada perdagangan Senin (4/7/2016) pukul 10:31 WIB harga emas Gold Spot turun 7,03 poin atau 0,52% menjadi US$1.343,76 per trouy ounce. Kemarin, harga emas berhasil mencapai US$1.349,62 per troy ounce, yang menjadi level tertinggi baru sepanjang 2016 dan angka tertinggi sejak Maret 2014.

Ric Spooner, Chief Analyst CMC Market, menuturkan logam mulia menjadi aset pilihan di tengah gejolak pasar keuangan. Sebagai buntut dari Brexit, ada kemungkinan Bank of England dan Bank of Japan memberikan stimulus.

"Sementara Federal Reserve dipercaya akan meninjau ulang rencana kenaikan suku bunga. Alhasil emas masih dapat menanjak," tuturnya seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (5/7/2016).

Natixis dalam publikasi risetnya memaparkan, adanya putusan Brexit dapat membuat The Fed menunda keputusan menaikkan suku bunga hingga setidaknya Desember 2016. Masa depan perekonomian Eropa juga masih meragukan, terutama jika Brexit menginspirasi referendum lain di negara-negara Benua Biru.

Dalam masa yang volatil, komoditas logam mulia akan semakin meningkat karena investor beralih ke aset haven. Harga emas diprediksi dapat mencapai US$1.330 per trouy ounce pada paruh kedua tahun ini, sehingga sepanjang 2016 rerata nilai jual adalah  US$1.275 per troy ounce.

"Setelah sentimen Brexit, pasar akan tertuju pada sentimen The Fed dan kondisi perekonomian AS sebagai pendorong utama harga emas," paparnya.

Dalam skenario harga tertinggi, perceraian Inggris dan Eropa menyebabkan ketegangan di regional dan mendorong emas ke level US$1.400 per troy ounce. Dalam dua tahun mendatang, ketegangan di zona Eropa masih berlangsung sehingga batu kuning menuju ke US$1.750 per troy ounce.

0 Response to "Harga Emas Jatuh dari Level Tertinggi"

Posting Komentar